Kamis, 16 Januari 2014

CHIHAYAFURU (SEASON 1-SEASON 2-OVA) IMPRESSION


Setelah sempat menonton 2 episode pertama di Animax pada tengah malam, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menonton anime dengan tema yang sangat tidak mainstream ini. Sebenarnya apa sih yang membuat anime satu ini dapat memikat hati para penontonnya (termasuk saya) dengan temanya yang sangat tidak biasa ini?




Chihayafuru menceritakan seorang gadis bernama Ayase Chihaya (CV:Seto Asami), yang awalnya tidak memiliki impian saat masih SD. Bahkan dia saat itu hanya bisa mengelu-elukan kakaknya yang sedang meniti karir menjadi model. Namun semua itu berubah saat ia bertemu murid pindahan di kelasnya dari Fukui,Wataya Arata (CV:Yoshimasa Hosoya) yang memperkenalkannya pada dunia Karuta. Dari pertemuannya dengan Karuta inilah yang membuat Chihaya bercita-cita menjadi pemain Karuta wanita terbaik sejepang; alias Queen!


Karuta? Apa itu? memangnya seru?


Karuta adalah permainan tradisional Jepang, dimana terdapat dua pemain yang saling berlomba mendapatkan kartu lawan atau kartu yang berada di wilayah sendiri hingga pemain yang paling cepat mendapatkan kartu dan menghabiskan stok kartu di wilayahnya sendiri menjadi pemenang. Karuta berisikan puisi dari "Hyakunin Isshu" (One Hundred Poem) dimana terdapat pembaca/reader yang membacakan puisi secara acak dan para pemain harus saling berlomba mendapatkan kartu yang dibacakan oleh reader tersebut.


Terdengar membosankan? Jangan khawatir, anime yang merupakan adaptasi dari shoujo manga karangan Suetsugu Yuki ini mampu merubah kesan Karuta yang membosankan menjadi sebuah tayangan seru yang mampu membuat emosi para penontonnya hanyut dalam suasana pertandingannya. Karuta di Jepang sendiri umumnya terkenal sebagai permainan anak-anak, namun dalam Chihayafuru yang ditampilkan adalah Kyogi Karuta/Competitive Karuta dimana kecepatan para pemain dalam merebut kartu sudah sampai tingkat dapat menciptakan Sonic Boom (yes, im talking about you arata)



Bukan anime shoujo kalau tidak ada unsur romance-nya. Di Chihayafuru sendiri, romancenya berfokus pada Triangle relationship antara Chihaya, Wataya Arata selaku orang yang merubah hidup Chihaya 180 derajat, dan Mashima Taichi (CV: Miyano Mamoru) yang merupakan orang yang memperhatikan perkembangan Chihaya dari dekat, sekaligus memberikan support di kala Chihaya sedang menemui kesulitan. Hingga animenya tamat, perihal cinta segitiga ini belom menemui konklusi karena manganya sendiri belum tamat. Namun di manga salah satu dari dua cowok tersebut sudah ada yang menembak Chihaya terang-terangan setelah pertandingan penyisihan Meijin (Dan saya tidak akan menyebutkan namanya, kalau penasaran baca manganya saja).











 Namun romance bukanlah fokus dari Chihayafuru, karena bisa dibilang perkembangan romance di Chihayafuru lebih lambat dari beberapa judul shoujo lainnya. Tapi perkembangan karakterlah yang menjadi daya jual utama anime ini. Tidak hanya dari sisi para anggota Mizusawa Karuta club saja, namun para karakter sampingan pun juga mendapatkan perkembangan pribadi yang bagus. Bahkan karakter yang awalnya sangat jerk macam Sumire, mampu membuat para penonton bersimpati padanya kelak.

Dan daya jual anime ini yang lain ialah Komedinya! Lawakan di anime ini terkadang datang dari arah yang terduga, dan tentu saja dapat mengocok perut para penonton saat melihatnya. Belum lagi reaksi Chihaya yang terkadang menampilkan ekspresi yang konyol meski aslinya ia berparas cantik lol.


 apa yang terjadi kalau seandainya kencan bersama Chihaya ^^
 Siapa bilang orang cantik gak boleh ingusan?



 isi otak Chihaya (yang didominasi oleh Karuta tentunya)


 Karuta Baka at the fullest




 Dan salah satu faktor yang mampu membuat para penontonnya betah melihat permainan karuta di anime ini adalah OSTnya! Untuk anime dengan tema yang sangat tidak biasa ini, OSTnya lah yang menjadi kunci dari daya tarik anime ini. Saat sedang dalam suasana terjebak, saat dalam situasi membalik keadaan, saat dalam kondisi tegang, semua itu dapat dihidupkan lewat Soundtrack yang sebagian besar di komposisikan oleh Yamashita Kousuke, yang belakangan juga berpartisipasi dalam OST Kamen Rider Gaim.

definetely 100% great BGM

Jadi apakah Chihayafuru layak untuk ditonton? Jawaban saya adalah: 10/10 MUST WATCH!
Meski saya awam terhadap karuta, namun lewat anime ini para penontonnya diajak untuk mengenal indahnya karuta sekaligus serunya suasana pertandingan Karuta. Belum lagi desain karakter buatan Suetsugu-sensei yang indah, semakin menambah nilai plus untuk menonton anime satu ini. Dan kalau tidak ada halangan terhadap progress manganya, mungkin kita dapat menemui season 3 di penghujung tahun ini......atau setidaknya saya berharap begitu (Gak sabar lihat sang ex-Queen yang MILF itu beraksi soalnya ^^ )


"Ima wo Haru be to Sakuya Kono Hana~"

3 komentar:

  1. Hebat saya juga nunggu season 3nya

    BalasHapus
  2. aku nunggu banget season 3nya, tapi sampai tahun ini belum juga keluar season 3nya.

    BalasHapus
  3. aku nunggu banget season 3nya, tapi sampai tahun ini belum juga keluar season 3nya.

    BalasHapus