Selasa, 22 Juli 2014

SUMMER 2014 WATCH LIST


Musim panas akhirnya telah tiba, walau pada kenyataannya hujan masih suka mengguyur di negara kita ini ^^'  Dan seperti biasa, memasuki musim baru tentu itu menandakan anime baru untuk ditonton. Berikut ini adalah beberapa judul anime yang menemani saya untuk 3 bulan kedepan.



1.SAILOR MOON CRYSTAL
Merupakan remake dari anime mahou shoujo legendaris pada tahun 90an, Sailor Moon Crystal menawarkan cerita serta artwork yang mendekati karya aslinya dibanding animenya yang dulu. Mengisahkan perjuangan para Sailor Senshi menghadapi kegelapan yang mengancam, serta mengemban misi untuk mencari Kristal Perak dan inkarnasi sang Putri Bulan. Walau sebenarnya apa yang dicari berada di samping mereka selama ini. Berbeda dengan serial anime kebanyakan, Sailor Moon Crystal memiliki jadwal tayang 2 minggu sekali.


2.FREE! ETERNAL SUMMER
Para cowok yang terlihat seksi saat basah ini kembali lagi! Setahun setelah penayangan season pertamanya, Eternal Summer melanjutkan kisah para atlet renang seksi selepas turnamen yang lalu. Season keduanya juga menawarkan karakter baru yang tentu semakin meramaikan ajang shipping di anime satu ini <3


3.SHIROGANE ISHII NO ARGEVOLLEN
Salah satu dari anime mecha yang meramaikan tahun 2014, Argevollen menawarkan permis standar untuk anime mecha pada umumnya. Namun yang menjadi daya tarik dari anime ini adalah bahwa tema militer yang ditawarkan cukup kuat dibanding anime mecha akhir-akhir ini. Merupakan Anime original produksi XEBEC, Argevollen mengisahkan perjuangan Independent Unit 8 di tengah-tengah perang antar dua negara dimana kelak sebuah unit canggih menentukan nasib perang tersebut.


4.ALDNOAH.ZERO
Aldnoah.Zero merupakan salah satu anime yang memiliki budget tinggi untuk season ini. Mengisahkan perjuangan para manusia bumi menghadapi invasi dari manusia mars yang memiliki perbedaan teknologi yang sangat maju. Daya tarik anime ini adalah bagaimana usaha para manusia bumi yang menggunakan teknologi real robot melawan para manusia mars yang teknologinya bagaikan super robot tahun 80an. Ditambah deretan staf ternama yang berada di belakang anime ini, semakin menambah alasan untuk menontonnya.


5.SWORD ART ONLINE II
Sekuel dari anime paling mainstream di tanah air ini akhirnya tayang juga! Mengisahkan usaha Kirigaya "Kirito" Kazuto memecahkan misteri pembunuhan pada Virtual Online Shooting Game bernama Gun Gale Online/GGO. Dan tentu pada cerita kali ini sang jagoan kita akan ditemani heroine baru yakni seorang sniper unggulan GGO bernama Asada "Shinon" Shino. Walau plot cerita yang ditawarkan anime ini cukup absurd nantinya, namun pantat Shinon serta Hode Kirito merupakan alasan yang cukup kuat untuk menonton serial ini sampai akhir.


6.HIMEGOTO
Himegoto mengisahkan Hime yang diselamatkan oleh OSIS di sekolahnya dari jeratan hutang yang melilitnya, namun dengan syarat Hime menjadi piaraan OSIS dan diharuskan memakai seragam wanita setiap harinya. Anime ini merupakan oase bagi pencinta Trap, hanya sayang durasi yang dimiliki anime ini sangatlah sebentar.


7.GLASSLIP
Glasslip mengisahkan Fukami Touko yang sehari harinya menghabiskan waktu bersama keempat sahabatnya, namun kehidupannya berubah semenjak pertemuannya dengan Murid pindahan yang mengatakan bahwa kalau Touko memiliki kemampuan untuk mendengar suara dari masa depan. Meski anime ini merupakan produksi dari studio P.A. Works yang terkenal akan keindahannya dalam menggambarkan latar belakang yang realis, namun entah kenapa saya merasa anime ini memiliki budget yang lebih sedikit dari anime P.A. Works yang biasanya. 


8.AKAME GA KILL!
Merupakan adaptasi dari manga karya Tashiro Tetsuya (Art) dan Takahiro (Story), Akame ga Kill mengisahkan Tatsumi yang pergi ke Ibukota dengan harapan dapat memperbaiki nasib untuk memulihkan keadaan kampung halamannya. Namun alih-alih impiannya terwujud, ia dihadapkan oleh kenyataan bahwa Ibukota merupakan tempat yang tidak seindah yang ia kira. Demi merubah keadaan ibukota yang sudah sedemikian busuknya, Tatsumi memutuskan untuk bergabung dengan kelompok pembunuh Night Raid. Anime ini sebenarnya tidak menawarkan hal yang sama sekali baru, namun yang menarik bahwa anime ini mengambil pakem Dark fantasy serta adegan tebas menebas yang dianimasikan dengan cukup keren. Merupakan tontonan wajib bagi pencinta genre Action untuk season ini.


9.FATE KALEID LINER PRISMA ILLYA 2WEI!
Salah satu anime yang ditunggu-tunggu oleh para lolicon (dan saya tentunya) untuk season ini. Melanjutkan dari akhir perjuangan Illya dan Miyu dalam mengumpulkan Class Card di season sebelumnya, 2wei menampilkan karakter baru yang tentu memuaskan gejolak dahaga para lolicon. Kualitas grafis yang ditampilkan di season keduanya ini jauh melampaui dari season pertamanya Sepertinya SILVER LINK memanfaatkan dengan baik royalti yang diperoleh dari penjualan BD season pertamanya yah. Dan melihat karakter Hollow Ataraxia yang bermunculan satu persatu di anime ini, semakin membuat saya berharap Hollow Ataraxia dibuatkan animenya.


10.KUROSHITSUJI BOOK OF CIRCUS
Jujur, sebagai orang yang menggemari kuroshitsuji/Black Butler, saya pribadi belum pernah menyentuh animenya sama sekali. Namun begitu book of circus ini tayang, saya tidak perlu waktu lama untuk menonton anime ini karena arc yang ditayangkan di animenya ini merupakan salah satu arc favorit saya. Book of Circus mengadaptasi arc Noah's Arc Circus (sirkus bahtera nuh) pada volume 5-8 di manganya. Book of Circus mengisahkan usaha Ciel dan sang Butler Sebastian dalam mengungkap kasus penculikan anak-anak yang terjadi pada setiap kota yang dikunjungi Noah's Arc Circus. Bagi yang penasaran atas kemampuan bertarung para pelayan Phantomhive, bakal terpuaskan dengan klimaks di arc satu ini.


11.FUTSUU NO JOSHIKOUSEI GA LOCODOL YATTE MITA
Anime yang lebih sering disingkat menjadi "LOCODOL" ini mengisahkan Usami Nanako yang menjadi Local Idol/Locodol setelah mendapat tawaran dari pamannya demi mensejahterakan kota tempat tinggalnya. Awalnya saya tidak terlalu berharap terhadap anime satu ini, namun Yuri Vibe yang diciptakan oleh Nanako dengan sang senpai Yukari di anime ini merubah keputusan saya tersebut.


12.LOVE STAGE!!
LOVE STAGE!! merupakan salah satu anime yang saya tunggu-tunggu di musim ini >w< Anime yang merupakan adaptasi manga berjudul sama karangan Zaou Taishi (Art) dan Eiki Eiki (Story) ini mengisahkan Sena Izumi yang bercita-cita menjadi seorang komikus meski memiliki orangtua penyanyi dan aktris ternama serta kakak laki-laki yang seorang rocker terkenal. Selain cita-citanya harus kandas akibat kemampuan menggambarnya yang di bawah rata-rata, kehidupan Izumi pun berubah setelah melakukan syuting iklan majalah pernikahan dengan seorang artis terkenal, Ichijou Ryouma yang juga menjadi partnernya pada iklan yang serupa 10 tahun yang lalu. Namun yang menjadi masalah, selama 10 tahun Ryouma tidak mengetahui identitas Izumi (yang memang bercrossdress saat syuting)  sebagai seorang lelaki! Akankah perasaan Ryouma berubah setelah mengetahui identitas Izumi yang sesungguhnya?
Sangat direkomendasi buat yang mencari tontonan Yaoi berkualitas. Terlepas dari adegan adu pedangnya, Love Stage masih bisa menawarkan cerita yang mengibur dan lucu.


13.ROKUJYOUMA NO SHINRYAKUSHA
Meski sama-sama diproduksi oleh studio SILVER LINK, tapi entah kenapa saya merasa kalau anime satu ini hanya memakai dana sisaan dari produksi Illya 2wei yah (lol). Rokujyouma no Shinryakusha mengisahkan perjuangan Koutaro Satomi dalam mempertahan kamar rokujyouma (6 tatami) miliknya dari invasi hantu, mahou shoujo, penduduk bawah tanah, dan putri bangsawan alien yang berusaha memperebutkan kamar miliknya dengan alasan masing-masing. Tipikal Otaku wet dream genre, namun skalanya lebih absurd. Namun saya memutuskan untuk menonton anime ini karena banyaknya seiyuu baru yang memulai debutnya di anime satu ini.


14.ZANKYOU NO TERROR
Zankyou no Terror merupakan anime bergenre crime suspense dengan grafis animasi yang cukup memanjakan mata saat menontonnya. Alkisah, Tokyo dilanda ancaman teror dari pihak yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Namun kelak nasib seorang gadis berubah setelah pertemuannya dengan kedua pelaku utama teror tersebut. Bagi yang mencari anime yang memiliki cerita yang serius, mungkin judul satu ini bisa menjadi pilihan.


15.GEKKAN SHOUJO NOZAKI KUN
Sakura Chiyo sudah lama memiliki perasaan terhadap Nozaki kun. Namun akibat kesalahpahaman saat pernyataan cinta dari Chiyo, Nozaki menyangka Chiyo adalah penggemarnya! Dan selanjutnya diketahui kalau Nozaki merupakan shoujo mangaka dengan pen name Yumeno Sakiko, dan meski pernyataan cinta Chiyo gagal (bahkan untuk kedua kalinya!) ia memutuskan untuk melakukan pendekatan sedikit demi sedikit dengan menjadi asisten manga Nozaki kun. Salah satu anime genre komedi yang wajib ditonton di season ini. Karakter pendukung yang sudah mulai bermunculan satu persatu juga bisa menghibur para penontonnya hingga tertawa terpingkal-pingkal. Dan seiyuu Chiyo yang notabene seiyuu baru juga bisa membawakan perannya dengan cukup baik.


16.PERSONA 4 THE GOLDEN THE ANIMATION
Siapa yang tidak mengenal Persona 4? Bermula dari sekuel keempat dari spin off Megaten, Persona 4 terus melebarkan kejayaannya baik dari HD Port, Fighting Game, Dungeon Traveler, bahkan Rhytm Game! Dan kali ini HD Port persona 4 untuk konsol handheld Playstation Vita yang mendapatkan kesempatan diadaptasi menjadi serial anime. Dibandingkan serial anime produksi AIC yang sempat tayang 3 tahun lalu, the Golden lebih berfokus terhadap event-event baru yang hanya ada pada game versi the golden ketimbang membahas ulang cerita utamanya. Dan pada versi the golden ini, sang karakter baru Marie pun juga mendapat fokus yang besar. Salah satu yang menjadi daya tarik anime the golden ini adalah Narukami sudah memiliki parameter status maksimum dari awal (alias New game +) sehingga menjadikannya memiliki personality yang lebih berwarna ketimbang adaptasi animenya yang sebelumnya.


17.BARAKAMON
Awalnya saya sama sekali tidak memiliki ekspektasi terhadap anime satu ini, namun melihat antusiasme teman-teman saya yang sudah menontonnya saya pun mencoba menonton anime dengan genre slice of life ini  dan ternyata saya sangat terhibur saat menontonnya. Barakamon menceritakan seorang seniman kaligrafi Handa Seishuu yang memutuskan untuk mengasingkan diri di sebuah pulau terpencil setelah ia memukul seorang maestro kaligrafi yang mencela tulisan buatannya. Namun pertemuannya dengan seorang anak perempuan yang bengal merubah hidup Handa yang awalnya semu layaknya tinta kaligrafi menjadi lebih berwarna. Daya tarik dari anime Barakamon ialah pesona sang bocah yang bertindak layaknya bocah yang sesungguhnya, bukan dibuat-buat layaknya bocah di anime pada umumnya. Belum lagi seiyuu sang bocah benar-benar masih berusia belia sehingga semakin menambah unsur realistis pada perannya. Buat yang mencari tontonan dengan tema ringan dan menghibur, anime satu ini bisa menjadi pilihan dalam menemani anda di musim ini.



18.GUNDAM SAN
Merupakan adaptasi dari 4 koma berjudul sama, Gundam san merupakan parodi dari serial Gundam paling awal (0079) namun personality tiap karakternya dibuat menjadi sangat hancur dari aslinya. Dikerjakan oleh staf yang sama yang mengerjakan anime Puchimas, Gundam san siap mengocok perut para penggemar Gundam yang menontonnya.


Selain memiliki cuaca panas, musim panas tahun ini menawarkan pilihan anime bagus yang sangat banyak untuk ditonton. Bisa dibilang, musim ini pertama kalinya saya menonton hingga lebih dari 20 judul apabila beberapa judul yang masih berlanjut dari musim sebelumnya dihitung (JoJo,Haikyuu,Captain Earth,Mahouka). Dan selain judul yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya masih ada beberapa judul yang memiliki potensi bagus seperti Tokyo Ghoul. Namun tidak semua orang memiliki waktu yang sangat luang untuk menonton seluruh anime, termasuk saya sendiri (lol). Yah setidaknya saya masih memiliki waktu sangat luang hingga september sehingga memungkinkan untuk menikmati kesemua judul diatas =w=


mmm.....MANDOM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar