Selasa, 03 Desember 2013

MEGAHOUSE VARIABLE ACTION: KOUBU SAKURA CUSTOM REVIEW




Akhirnya salah satu mainan yang saya tunggu-tunggu di tahun ini sudah tiba di tangan saya! Pertama kali muncul prototypenya saat wonfes, benda ini sudah menjadi incaran saya. Namun tidak sesuai ekspektasi saya, ternyata kekurangan yg dimiliki action figure satu ini lumayan mengecewakan saya. Apa saja kekurangan tersebut? Simak di kelanjutan dari posting ini ^_^
ps: disarankan mendengar BGM ini saat membaca review ini


 Pertama, mari kita bahas tampilan boks dari benda satu ini. Seperti warna koubu-nya, warna boksnya juga didominasi warna merah muda. Di sisi depan terdapat sisi transparan sehingga kita bisa melihat isinya secara langsung, dan terdapat gambar Koubu yang sedang berpose dan tulisan "Koubu Sakura custom" yang terlihat cukup jelas.


 Selanjutnya di sisi kiri boks terdapat foto koubu yang berdiri tegak dan terdapat sedikit penjelasan setting Koubu dalam cerita Sakura Taisen itu sendiri.

 Di sisi belakang boks terdapat foto koubu yang cukup besar yang sedang melakukan jurus pamungkas Sakura di gamenya, haja kensei ouka houshin. Dan terdapat pula foto yag menunjukkan bahwa kokpit dari koubu bisa dibuka untuk melihat kedetilan kokpitnya sebagaimana dalam game dan animenya.


Di sisi kanan boks terdapat foto koubu yang sedang berpose menebas dan ilustrasi sang pilot sekaligus main heroine dari sakura taisen; Shinguji Sakura. Well mumpung sedang membahas sakura taisen, saya akan sedikit menjelaskan latar belakang sang main heroine.

Shinguji Sakura merupakan main heroine dari serial game Sakura Taisen/Sakura Wars buatan SEGA. Ia adalah pewaris teknik pedang aliran Haja Kensei, yang terkenal dengan kemampuan aliran tersebut dalam membasmi setan. Setelah kematian ayahnya dalam perang Kouma, selaku pewaris Haja Kensei yang terakhir Sakurapun dipanggil ke Ibukota oleh pemerintah karena kemampuannya tersebut dan diangkat menjadi anggota Teikoku kagekidan(Capital Combat Revue), kedua terakhir sebelum sang tokoh utama; Ogami Ichiro. Awalnya ia sangat ceroboh dalam melakukan tugasnya baik sebagai prajurit kagekidan maupun saat melakukan pentas drama di teater capital. Namun seiring berjalannya waktu ia menjadi aset yang bisa diandalkan, apalagi karena teknik Haja Kensei miliknya merupakan teknik pembasmi setan yang paling efektif dalam membasmi musuh yang mengancam Ibukota.

 Well kembali ke review, di bagian bawah boks terdapat keterangan dan peringatan untuk figure ini. Dan terlihat foto bagian belakang dari koubu.


Di bagian atas boks terdapat logo Teikoku Kagekidan, logo Variable Action, serta logo dari serial game Sakura Taisen.





Oke, sekarang berlanjut ke review dari barangnya sendiri. Kesan yang langsung bisa saya dapatkan dari action figure satu ini adalah: SEREM BANGET! Banyak joint yang berukuran kecil untuk menyangga part yang menurut saya terlalu besar untuk ditahan oleh joint sekecil itu, apalagi bahan joint tersebut adalah plastik yang sama digunakan sebagai bahan polycap di plamo buatan BANDAI.
 
Baru mencoba beberapa pose, tiba-tiba langsung muncul salah satu kekurangan yang terdapat dalam action figure ini, yakni joint yang cukup loose sehingga bisa membuat tangan kanan koubu ini terlepas dengan mudahnya. Joint yang digunakan untuk bagian tangan ini berupa polycap joint seperti pada plamo......entah kenapa megahouse tidak membuat joint untuk bagian yang bakal sering dibuat berpose ini berupa fixed joints seperti action figure kebanyakan. Meski bakal memakan biaya lebih, tapi lebih baik daripada menemukan kecacatan seperti ini kan?


 Oke lanjut membahas beberapa detil yang dimiliki oleh action figure ini. Detil dari sisi depan cukup bisa menggambarkan sisi klasik dari Koubu yang notabene merupakan sebuah mesin uap. Sebagai catatan, action figure buatan megahouse ini memakai Koubu versi dari remake Sakura Taisen pertama untuk konsol PS2.

Untuk sisi belakang, detil yang ditawarkan cukup berkesan, terutama adanya kipas mesin boiler yang dibuat cukup detil. Untuk knalpotnya, lubang dari knalpotnya tidak dalam sehingga tidak membuat knalpotnya menjadi berongga.



Salah satu detil yang menjadi kelebihan dari action figure ini adalah detil kabel di sisi pundak koubu. Detil yang ditampilkan sangat memanjakan mata sebagaimana sebuah kabel besar pada mesin uap yang seharusnya. tak ketinggalan detil cerobong yang dibuat sedikit glossy.
 


Disinilah bagian yang sangat memanjakan mata saya sekaligus membuat mata saya sakit melihatnya. Di satu sisi saya sangat menyukai keputusan Megahouse menambah detail pada bagian bawah "rok" koubu ini, berbeda pada saat promotion imagenya. Detil seperti ini bisa dijumpai pada beberapa bagian dari koubu ini, semisal pada bagian bawah pelindung bahu dan di bagian bawah armor bagian bawah. Dan dapat terlihat bahwa koubu ini memiliki 2 lubang untuk menancapkan stand basenya.


Di sisi lain saya tidak habis pikir kenapa untuk action figure yang dibanderol dengan harga yang cukup menguras kocek masih memiliki nubmark yang sangat jelas. Belom lagi Seamline di bagian kaki itu juga lumayan membuat mata perih.
 







 Dan sekarang saatnya membahas salah satu daya tarik action figure ini, yakni detil kokpitnya. Meski kokpitnya tidak bisa terbuka selebar yang terlihat di boks ataupun di bebrbagai promotional image, detil dari kokpitnya masih bisa terlihat (walau sedikit sulit). Mungkin kalau tidak ada detil sehebat ini saya tidak pernah membeli barang ini sejak awal (haha)

 Selain koubunya sendiri, di dalam boksnya juga terdapat pedang katana dan sarungnya, parts tangan yang menggengam gagang pedang, dan stand base. Untuk katananya, detil yang ditampilkan bisa memanjakan mata. Untuk memasang sarung pedang di bagian pinggang koubu ini saya pribadi tidak pernah mencoba untuk menekan jack-nya hingga masuk seluruhnya, karena saya khawatir joint yang menyangga bagian "rok" akan patah jika saya mengeluarkan terlalu banyak tenaga. Untuk standbasenya sendiri saya cukup kaget saat melihatnya karena ternyata hasil akhirnya berbeda saat masih berupa prototipe (hanya tulisan megahouse) Di stand basenya sendiri terdapat siluet koubu-nya, logo teikoku kagekidan,kanji Koubu, dan tulisan sakura beserta siluet tebaran kelopak bunga sakura. Saya penasaran bagaimana ilustrasi untuk koubu yang lain nantinya ya?







Untuk poseabilitynya, untuk bagian tangan dapat bergerak hampir ke segala arah karena banyaknya joint yang dimiliki. Namun karena masalah yang sudah saya sebutkan diatas, saya tidak berani untuk mencoba pose2 yang lain karena untuk sementara joint bagian bahu kanan cukup loose untuk diposekan....sehingga terpaksa anda hanya bisa melihat pose yang "monoton" ini...Untuk bagian kaki sebenarnya di telapak terdapat joint yang memungkinkan telapak kaki koubu untuk menekuk, namun tidak didukung oleh joint di bagian selangkangan yang somehow kaku dan saya cukup ngeri untuk menggerakkannya berlebihan. Di setiap segmen pada bagian "rok"-nya memiliki joint sehingga memungkinkan menciptakan efek "berkibar" pada "rok" tersebut. Cukup lumayan.


Jadi kesimpulannya, apakah action figure ini layak untuk dimiliki? Jika anda merupakan penggemar berat sakura taisen jelas anda harus memiliki barang satu ini, terlebih lagi keseluruhan teikoku kagekidan akan dibuat variable actionnya (Sampai saya menulis artikel ini, koubu milik ogami dan sumire sudah dibuka pre ordernya) Namun jika anda bukan penggemar berat sakura taisen, saran saya lebih baik simpan saja uangnya untuk hal yang lebih baik. Harapan saya kedepannya sih semoga kualitasnya semakin bagus dari ini, terutama masalah joint tangan yang cepat loose.

One get, Six more to go..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar