Minggu, 07 April 2013

LITTLE BUSTERS! FINAL IMPRESSION


Anime adaptasi dari salah satu VN masterpiece dari KEY ini akhirnya mencapai penghujung cerita setelah menemani para penggemar setianya (termasuk saya tentunya! ^^) selama 2 musim. Agak sedih juga tontonan yang sudah saya tunggu-tunggu sekitar 4 tahun lalu ini tamat juga.




"Sebenarnya apa sih yang membuat Little Busters begitu menarik ?" Mungkin pertanyaan ini banyak dimiliki orang yang belum pernah menyentuh gamenya sama sekali. Berbeda dengan beberapa karya KEY yang sebelumnya selalu dianimasikan oleh Kyoto Animation (Kanon,Clannad,Angel Beats) Little Busters dianimasikan oleh JC Staff yang mungkin membuat sebagian besar orang tidak menyentuh serial anime ini sama sekali, atau bahkan memutuskan mendrop serial ini ditengah jalan. Keputusan soal studio animasi yang dipegang oleh JC pun juga sempat membuat saya dan beberapa kawan merasa kecewa, namun hal itu tidak menyurutkan niat untuk "mencoba" mempercayai JC kali ini.


Namun ternyata ekspektasi saya terbayarkan dengan gaya cerita JC yang sedemikian rupa bisa mempresentasikan rute para heroine disini dengan penyelesaian oleh kesemua anggota Little Busters bersama-sama, berbeda dengan gamenya dimana penyelesaian rute selalu oleh Riki selaku kekasih heroine yang bersangkutan. Keputusan JC dalam menampilkan gaya cerita yang berbeda dari versi gamenya bisa saya maklumi mengingat tujuan akhir dari kisah ini adalah tentunya pairing Riki dan Rin, sehingga membuat gaya penceritaan seperti ini bisa diterima oleh para fansnya.

 "iiya....dame....."



Yang sangat disayangkan bagi para fans gamenya adalah kualitas animasi yang sering terlihat penurunan di beberapa frame. Namun setidaknya kualitas cerita yang disampaikan oleh JC seolah bisa membayar kekurangannya tersebut. BGM gamenya masih bisa terdengar di versi animenya ini, dimana BGM yang dikomposisi oleh Mintjam memang sudah bagus sehingga JC tidak perlu repot-repot mengganti BGM untuk animenya ini. Bahkan Opening dan Ending Gamenya pun masih dipakai untuk Opening dan Ending Animenya. Musik memang salah satu daya tarik dari Little Busters.







Dan di akhir episode terakhirnya, true route dari gamenya, Refrain telah mendapat kepastian untuk dibuat versi animasinya (yayyyy). Bagi yang merasa tidak puas dengan segala hal-hal aneh misterius nan ajaib yang terjadi sepanjang serialnya akan mendapat jawabannya disini. Saya tidak akan spoiler disini soal endingnya, namun bisa diperkirakan kemungkinan di refrain ini akan ada time loop dalam penceritaannya dimana seharusnya di season satunya sudah ada penggunaan time loop pada ceritanya.



Keputusan JC untuk menampilkan rute Anego di season dua nanti saya rasa keputusan yang sangat tepat, mengingat  rute Anego adalah rute yang paling menyinggung perihal Rahasia Dunia ketimbang rute para heroine lainnya. Semoga JC mau membuat OVA untuk true ending bagi heroine favorit saya ini......


Akhir kata, anime ini mungkin akan bisa lebih dinikmati apabila sudah memainkan gamenya terlebih dahulu. Namun bagi yang baru mengenal Little Busters lewat animenya, saya hanya bisa katakan bertahanlah hingga selesai. Karena yang membuat Little Busters hebat ada di Refrain kelak, dan saya bisa menjamin kesabaran anda akan terbayar nantinya. Untuk skor kali ini mungkin saya agak sedikit subjektif, namun untuk anime yang telah saya tunggu-tunggu semenjak saya masih baru memulai bangku kuliah ini saya beri skor akhir 8,0/10. Gaya penceritaan JC yang berbeda dari versi aslinya itu benar-benar membuat saya memberi applause untuk JC kali ini. Dan saya juga minta maaf atas perkataan saya dimasa lalu soal kekecewaan saya terhadap JC Staff >.< HONTO NI GOMENNASAI!!!!
Tinggal berharap semoga JC meningkatkan kualitas animasi di Refrain nanti. And i really mean it, JC.


From one of KEY's Masterpiece. This is Little Busters!

1 komentar: