Kamis, 13 Februari 2014

MEGAHOUSE VARIABLE ACTION KOUBU OGAMI CUSTOM REVIEW


Setelah koubu sakura yang datang akhir tahun lalu, akhirnya koubu milik sang tokoh utama dari serial sakura taisen, Ogami Ichiro datang juga ke tangan saya. Setelah sempat dikecewakan oleh kualitas koubu sakura yang tidak sebanding dengan harganya, apakah koubu milik ogami taichou ini bisa memperbaiki kesan saya terhadap produk Megahouse? 
Seperti biasa sebelum melanjutkan membaca review ini, disarankan sambil menyetel BGM ini ^^


Sama seperti koubu sakura, boks yang dimiliki oleh koubu ogami ini tidak jauh berbeda. Pada tampilan depan boks, terdapat gambar koubu ogami yang sedang berpose dengan pedangnya. Terdapat juga tulisan Kanji "Koubu Ogami custom", logo Variable action, stiker lisensi dari SEGA, dan logo Megahouse. Jika pada koubu sakura warna yang mendominasi adalah warna merah muda, maka pada boks Ogami kali ini didominasi warna biru dan terdapat efek kilatan petir yang dimana merupakan elemen utama yang dimiliki Ogami. Dan sebagaimana boks yang membungkus mainan asal jepang pada umumnya, terdapat sisi blister transparan yang memungkinkan kita melihat isi dari dalam boks tersebut.


Pada sisi kiri boks terdapat gambar Koubu Ogami beserta keterangan latar belakang mesin tersebut pada cerita di serial gamenya.


Pada sisi belakang boks terdapat ilustrasi Koubu Ogami yang sedang melakukan salah satu jurus aliran Roukou Mekkyaku miliknya. Terdapat pula keterangan yang menjelaskan bahwa koubu tersebut dapat dibuka kokpitnya untuk memperlihatkan detailnya.


Pada sisi kanan boks terdapat ilustrasi koubu beserta sang pilotnya, Ogami Ichiro. Mumpung sedang membahas Koubu miliknya, tidak salah untuk mengenal lebih latar belakang sang tokoh utama serial Sakura Taisen ini.


Ogami Ichiro merupakan lulusan akademi angkatan laut sebelum ia direkrut menjadi Kapten Teikoku Kagekidan. Ogami merupakan salah satu "kasus langka" dimana ia merupakan salah satu pria yang kekuatan magisnya tinggi hingga bisa menggerakkkan koubu dengan leluasa, dimana pada umumnya kekuatan magis yang tinggi hanya dimiliki oleh Wanita. Karena kemampuannya itulah ia direkrut oleh Yoneda menjadi pemimpin tim Teikoku Kagekidan walau jam terbangnya dalam mengendalikan Koubu masih rendah jika dibandingkan dengan para anggota Kagekidan yang lain. Dalam versi anime, ia direkrut setelah berhasil menggerakkan prototipe Koubu untuk memadamkan kebakaran di kapal angkatan laut dimana pada awalnya unit prototipe itu diperuntukkan kepada Kayama, teman baik Ogami saat masih di angkatan laut.
 Ketika bertarung, ia menggunakan aliran 2 pedang yang merupakan aliran berpedang turun menurun dalam keluarganya, dimana hal tersebut juga ditunjukkan oleh kakak perempuannya yang menggunakan aliran yang sama di OVA sakura taisen NY dan kelak diturunkan kepada keponakan Ogami, Taiga Shinjiro, yang merupakan tokoh utama dari game kelima  Sakura Taisen.


Kembali ke review, pada sisi atas boks terdapat logo Teikoku Kagekidan yang sangat mencolok, logo Variable Action, serta logo dari serial game Sakura Taisen.


Pada sisi bawah boks terdapat ilustrasi koubu ogami dari sisi belakang, serta pesan dan peringatan dalam memainkan action figure ini. Selain itu terdapat pula tulisan kanji "Koubu Ogami Custom" dalam ukuran yang cukup mencolok.


Setelah membahas boksnya, sekarang saatnya membahas isinya! Variable Action Koubu Ogami custom ini meliputi:
-1 Koubu Ogami custom
-1 stand base
-2 pedang beserta sarung pedangnya
-2 part tangan untuk menggenggam pedang



Pertama saya akan bahas pedangnya terlebih dahulu. Detail pedang beserta sarung yang dimiliki oleh Koubu Ogami ini menurut saya jauh melebihi kualitas pedang milik Sakura (yang dimana milik sakura saja sudah cukup bagus). Terlebih karena warna biru metaliknya yang sangat "eyecatching".


Untuk stand basenya, kali ini ilustrasi yang ditampilkan adalah logo Teikoku Kagekidan, tulisan kanji "Koubu" beserta tulisan OGAMI, dan siluet Koubu Ogami yang dilengkapi dengan siluet efek kilatan petir yang somehow menurut saya lebih mirip ranting pohon mati ketimbang kilatan petir. Saya pribadi lebih menyukai efek taburan bunga sakura yang ada pada stand base milik koubu sakura.


Dan sekarang mari kita lanjut ke atraksi utamanya, Koubunya itu sendiri! Dari tampilan depan, sekilas sudah dapat mencerminkan kesan Steampunk yang dimiliki oleh action figure ini. Untuk catnya, saya juga menyukai tampilan putih susu yang dimiliki koubu ini. Namun sayang terdapat beberapa part yang mengalami Paint Transfer yang nanti akan saya bahas.


Untuk koubu Ogami, perbedaan yang dimiliki oleh koubu ini dibanding koubu sakura adalah armor pinggang yang tidak sepanjang milik Sakura, serta Tanduk panjang yang merupakan simbol kepimpinan Ogami di Teikoku Kagekidan. Pada tanduknya terdapat cat berwarna biru yang semakin memperkuat kesan yang terdapat pada gamenya. Benar-benar salah satu charming point yang dimiliki Action figure ini!


Sama seperti Koubu Sakura, detail kabel dari boiler koubu ini benar-benar memanjakan mata. Dan karena koubu ini berwarna putih maka Megahouse menyertakan lining pada beberapa panel line yang ada pada figure ini. Namun kualitas liningnya tidak begitu memuaskan saya, ada beberapa bagian yang terlihat bleberan dari panel line-nya. Seperti yang terlihat pada bagian katup kokpit pada bagian atas koubu.


Pada bagian belakang koubu, detail yang ditampilkan pada ,mesin boilernya sanggup memuaskan saya. Pada mesin boiler-nya terdapat logo teikoku kagekidan. Detail yang ditampilkan pada kipas bagian bawah juga bagus. Lubang Knalpot pada mesin boiler tidak terlalu dalam sehingga tidak menjadikan knalpotnya berongga terlalu dalam.




Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, lining pada action figure ini banyak yang sedikit bleberan. Selain pada katup kokpit, terdapat juga pada armor pada bagian pinggang koubu.


Pada lengan sebelah kiri, saya menemukan Seamline yang sangat ketara. Tidak seperti pada koubu Sakura, bagian lengan kiri koubu Ogami ini benar-benar mengalami masalah yang cukup serius. Belum lagi pada joint siku kedua lengan juga mengalami sedikit paint transfer. Sekali lagi hal ini membuktikan QC Megahouse yang masih kurang baik.


Namun berbeda dengan koubu Sakura, bagian belakang kaki tidak mengalami masalah pada seamlinenya. Nubmark pada bagian paha pun juga tidak terlihat secara jelas seperti pada Koubu Sakura.



Namun pada bagian armor kedua lengan atas, terlihat "tambalan" yang sedikit memaksa untuk menutupi seamlinenya. Dan cat yang digunakan untuk "menambal" seamline tersebut terlihat belang jika dibandingkan warna pada armor lengan atas tersebut. Benar-benar membuat mata sakit melihatnya. 





Kokpit pada koubu Ogami ini sedikit sulit dibuka jika dibandingkan dengan koubu Sakura karena tanduk yang sedikit menghalangi saat membukanya. 


Pada ventilasi di bagian pinggang depan (lagi-lagi) terdapat lining yang bleberan.



Kedua mata koubu bisa digeser untuk menciptakan pose yang terlihat semakin realistis.




Untuk poseabilitynya, disinilah keunggulan Koubu Ogami mulai terlihat dibanding koubu sakura. Untuk jointnya semakin terasa lebih seret dibanding milik Sakura yang sangat mudah loose. Optional part untuk menggenggam pedang juga semakin mudah untuk dipasang, tidak seperti milik Sakura yang perlu menggunakan sedikit tenaga saat mencabut telapak tangannya. Sarung pedangnya juga lebih mudah dipasang ketimbang milik Sakura. Dan Koubu Ogami juga masih bisa berpose dengan mudahnya tanpa menggunakan stand base, tidak terhalangi oleh weight issue.


Jadi apakah Koubu Ogami kali ini bisa memenuhi ekspektasi saya? Jawabannya adalah YA!

Meski masih mengalami masalah disana-sini, namun semua itu terbayarkan dengan beberapa perbaikan kualitas dibanding koubu sakura. Terutama bagian tangannya yang menjadi mudah untuk diganti. Megahouse benar-benar mengerjakan PRnya kali ini, walau masih belum semuanya benar.

Tinggal menunggu milik Sumire sampai, dan menunggu PO Koubu yang lainnya dibuka......saya sendiri sangat tidak sabar menunggu Koubu Maria!

2 get, 5 more to go~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar