Jumat, 08 Maret 2013

HEROMAN IMPRESSION


Setelah mengetahui bahwa dalam judul SRW terbaru untuk 3DS mendatang HEROMAN memulai debutnya, maka tak perlu waktu lama untuk saya mencoba mencari tahu apa sebabnya serial "HERO" satu ini memiliki kehormatan untuk tampil di salah satu serial game favorit saya itu.




Alkisah di kota bernama Center City di Amerika, terdapat seorang anak bernama Joey Jones. Joey merupakan anak biasa tanpa melebihi suatu kelebihan apapun, dan sering dibully oleh kakak dari Lina Davis, teman perempuannya, yang bernama Will. Meski begitu, Joey selalu menjalani kehidupannya yang biasa-biasa itu dengan senang hati. Suatu hari, sekelompok alien bernama Skrugg memutuskan akan menginvasi planet Bumi akibat menerima sinyal transmisi luar angkasa yang dikirimkan oleh guru sains Joey, Matthew Denton. Satu-satunya harapan yang dimiliki bumi hanyalah Joey bersama mainan miliknya yang dinamakan HEROMAN yang telah mendapatkan kekuatan super setelah tersambar petir. Bisakah Joey dan HEROMAN memukul mundur usaha invasi Skrugg untuk menguasai Bumi?


Untuk yang belum tahu, HEROMAN adalah karya kolaborasi antara studio BONES dengan komikus superhero legendaris Amerika, Stan Lee. Maka tidak heran gaya bercerita Stan Lee yang simpel namun lugas sangat ketara sepanjang serial ini, benar-benar mengingatkan saya akan karya-karya beliau yang pernah saya baca seperti SPIDER-MAN dan Fantastic 4. Karakterisasi dari para tokoh HEROMAN juga tidak jauh berbeda dari karakter yang pernah diciptakan Stan Lee. Joey yang awalnya pecundang dan tiba-tiba menjadi pahlawan itu sangat mirip sekali dengan Peter Parker (SPIDER-MAN), ditambah love interest yang hanya satu sepanjang seri (Lina) semakin menguatkan kesan "ZERO to HERO" ala Stan Lee. Will yang awalnya antagonis kemudian menjadi Anti Hero mengingatkan saya akan teman baik Peter Parker, Harry Osborne (Green Goblin II).



Karakterisasi para tokoh pendukungnya juga bisa ditampilkan dengan baik. Psy yang disini berperan sebagai sidekick dan Denton-sensei sebagai battle advisor benar-benar tersampaikan dengan bagus. Belum lagi nantinya, halangan juga tidak hanya datang dari pihak Skrugg, namun ada juga beberapa manusia yang berusaha menjatuhkan HEROMAN atas nama ambisi pribadi. Skrugg disini sebagai pihak Antagonis murni juga mampu membuat saya semakin kagum dengan Stan Lee, karena sudah lama saya tidak menonton anime yang pihak antagonisnya benar-benar jahat tanpa menggunakan tipu muslihat sepeti Skrugg.

Dan bukan Stan lee namanya kalau tidak narsis dalam adaptasi karyanya XD

Untuk aksi, BONES bisa menampilkan animasi yang stabil sepanjang seri. Gaya cerita ala anime shonen juga sedikit diterapkan disini, dimana HEROMAN akan mendapatkan jurus baru seiring perkembangannya. Ditambah HEROMAN juga mendapatkan Power Up berupa NIA Armor pada beberapa episode terakhir.



Untuk urusan musik, ini termasuk daya tarik anime ini. BGM battle yang terkesan funky, membuat citarasa Amerika dalam anime ini dapat dirasakan penontonnya. Opening yang dibawakan oleh TETSUYA (Gitaris laruku) dan Kylee juga mampu menaikan mood saat menonton serial ini. Untuk ending saya pribadi kurang menyukai Ending song keduanya, namun untuk Ending pertamanya saya acungkan jempol kepada FLOW yang lagu-lagunya memang tidak pernah membuat saya bosan saat mendengar mereka.



Overall, kolaborasi antara BONES dan Stan Lee ini bisa saya anggap sukses. Dengan gaya cerita simpel nan lugas khas Stan Lee, membuat saya tidak sabar untuk terus menerus menonton tiap episodenya hingga selesai. Untuk yang mencari tontonan aksi yang ringan namun bagus, anime ini bisa menjadi solusinya.

Duh, kok gw jadi pengen RoDa HEROMAN yah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar