Minggu, 24 Maret 2013

SHIN SEKAI YORI FINAL IMPRESSION


Setelah senantiasa menonton anime dengan tema unik ini tiap akhir minggu, akhirnya serial yang underrated bagi beberapa penggemar anime di tanah air ini mencapai penghujung cerita. Meski episode terakhirnya bersifat anti klimaks, namun ending yang ditampilkan sama sekali tidak menggantung dan menyisakan tanda tanya bagi para pemirsanya.







Setelah gagal membunuh anak Maria dan Mamoru dengan Psychobuster di episode sebelumnya, Saki pun menyusun siasat berdasarkan bisikan dari Shun yang menyatakan bahwa anak Maria dan Mamoru bukanlah seorang Akki. Meski dengan berat hati, berkat bantuan Kiroumaru akhirnya nyawa Akki yang telah menghabisi banyak manusia tersebut berakhir selamanya. Dan dengan begini usaha pemberontakan Bakenezumi terhadap manusia yang dipimpin oleh Yakoumaru/Squealer menemui kegagalan.




Dengan kematian putri dari kedua temannya, Saki merasa adanya rasa bersalah terhadap kedua temannya yang telah tiada tersebut. Namun agar kelangsungan umat manusia dapat terus berlangsung, keputusan tersebut merupakan satu-satunya pilihan yang dapat dilakukan.







Dari pernyataan Yakomaru yang kini lebih memilih dipanggil dengan nama Squealer, detil penyerangan Bakenezumi terhadap manusia dan alasannya terungkap dengan jelas. Saki pun mengetahui nasib kedua orangtuanya selama peristiwa penyerangan tersebut dimana keduanya tewas saat berusaha melenyapkan dokumen yang berpotensi berbahaya apabila jatuh ke tangan musuh.







Namun merasa penasaran dengan kata-kata yang diucapkan Squealer saat di pengadilan, Satoru pun menyelidiki perihal kebenaran kata-kata yang diucapkan Squealer tersebut. Dan kenyataan yang terungkap sangatlah mengejutkan sekaligus melengkapi pecahan misteri yang ada dalam kisah anime ini. Benar-benar tidak menyisakan plothole.





Dan saat berlangsungnya upacara peringatan korban perang manusia dengan Bakenezumi, sang tokoh utama, Saki, memutuskan mengakhiri konflik yang terjadi dengan tangannya sendiri. Adegan saat Saki mengeksekusi tindakan akhir di episode ini ditampilkan dengan sangat baik. Benar benar adegan yang sangat pas untuk klimaks anime seperti ini






Shin Sekai Yori pada dasarnya menceritakan upaya manusia menjaga kelangsungan hidup rasnya, meski telah mengalami evolusi hingga mendapatkan kekuatan berupa Cantus. Meski upaya tersebut terkesan tidak adil,namun apabila umat manusia tidak melakukan hal tersebut maka bisa dipastikan umat manusia sudah lama punah dari muka bumi. Anime ini merupakan salah satu anime yang menunjukan bahwa selama umat manusia masih ada, pasti akan ada selalu muncul konflik, terlepas alasan apapun yang memulai konflik tersebut. Skor saya untuk anime ini adalah 7,9/10.
Buat yang mencari anime dengan nuansa Post-Apocalyptic world dan memiliki nuansa kelam mungkin anime ini bisa jadi pilihan selama anda tidak merasa terganggu dengan adanya beberapa adegan yaoi dan yuri yang eksplisit di sini ^^;

1 komentar: